Selasa, 05 Februari 2013

ABH...oh... ABH


Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa sih ABH ? ABH adalah singkatan dari Anak Berhadapan dengan Hukum. Memang dari awal fokusku adalah anak-anak lalu semakin fokus lagi ke anak-anak dalam bencana serta anak-anak berhadapan dengan hukum. Lalu apa yang harus dilakukan ? Kamu tidak bisa tiba-tiba berada dalam lingkungan itu tanpa ilmu, tanpa bekal apapun. Aku masih ingat pertama kali jatuh cinta pada topik ABH.

Aku mengikuti kuliah asessmen anak ketika itu dan mengajar adalah seorang dosen yang biasa dipanggil sebagai saksi ahli dalam persidangan yang melibatkan anak atau kasus anak. Kesabaran, kegigihan dan usaha-usaha beliau mendapatkan informasi tanpa "mengancam" kesejahteraan anak. Bukan itu saja, tak jarang beliau sendiri malah medapat ancaman karena keberanian beliau dalam mengemukakan pendapat.

Banyak cerita yang beliau sampaikan tentang kasus anak, proses penyidikan dan persidangan yang belum ramah anak. Ketakutan terbesar adalah trauma baru yang didapatkan anak selama proses hukum terjadi. Ya.. sejak itu... Sejak itu keinginan besar untuk membersamai ABH muncul.

Kesempatan untuk masuk kelingkaran itu datang ketika seorang
teman dengan minat yang sama denganku mengajak membuat kelompok kerja ABH. Kelompok ini berusaha membangun konstrak teoritis, modul pendekatan pada kasus anak (modul wawancara, profile kasus, saksi ahli) dan bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi yang didapat atau dikumpulkan. Kemudia kami berkumpul di dalam naungan kerja divisi satu CPMH ( disaster ada di divisi lima, kyyaaa... mendua. Nanti ajak saya main2 bareng ya divisi lima). Tidak mudah memang...

Apalagi kami berdua punya jadwal kuliah yang padat di magister profesi, jalan korja ini pun tersendat-sendat. Kami sudah berlima sekarang, seperti yang dianjurkan sebelumnya oleh pimpinan CPMH. Sebentar lagi rekruiment untuk tim besar dibuka dan proyek pertama menanti. Ada tawaran mencoba study visit ke sebuah negara yang terlalu sayang kalau tidak diperjuangkan. Ah.. pikiran mulai berkecamuk, tulisan ini disudahi saja.. Korja ABH jaya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar