Minggu, 24 Februari 2013

dari balik jendela 2

kembali diberi kesempatan untuk sendirian
dengan ruangan yang berputar dan setengah dunia yang kelihatan
aku berpikir tentang pertemanan

aku hanya memerlukan sedikit kebutuhan untuk hubungan interpersonal
lebih tepatnya, meminjam kata seorang teman "on and off".
ada kalanya aku masuk ke dalam pergaulan dan diterima
ada kalanya ingin sendirian saja (dan kadar ini lebih besar)

kemarin aku baru saja menyadari sebuah dinamika kelompok yang tidak sehat di sebuah kelompok yang aku berada didalamnya.
tidak menyadari sama sekali selama ini....
karena aku diperlakukan dengan baik oleh seluruh anggota hingga aku tidak merasakan apa-apa. Mulailah aku mencari info-info selanjutnya... dan ternyata semuanya sudah terjadi sejak lama, bom waktu ini akan segera meledak...1...2...3...BOOOM.

Aku bukan tipe orang yang ingin mengetahui masalah orang lain. ketika melihat seseorang punya masalah biasanya aku hanya mengatakan "mukamu jelek banget hari ini ", "senyum dong"...
ketika mereka cerita ya aku akan siap mendengarkan namun kalau tidak aku tak akan melanjutkan kata-kata tadi.

Juga sudah menjadi kebiasaan juga bahwa bila suatu masalah telah menjadi besar maka aku baru mengetahuinya, dan diminta untuk mencari penyelesaiannya, menjadi orang yang memediasi atau lainnya. Namun kali ini aku merasa berbeda karena sebenarnya aku masuk ke dalam lingkaran orang-orang ini dan kemungkinan kecuekanku termasuk yang membuat dinamika kelompok ini menjadi lebih buruk.


aku selalu ingat kata-kata ini.
mobil itu bisa berjalan dengan lancar bila semua bagian dari dirinya menjalankan tugas dengan benar, bahkan berupa tekanan udara yang ada di dalam ban dalam atau eratnya ikatan baut yang menyangga mesin. tidak ada bagian yang tidak penting karena semua bagian punya fungsi masing-masing.

mejadi orang yang memediasi ini malah membuatku merasa jadi orang luar.. atau sebenarnya ini fungsiku dalam kelompok.. entahlah...

yang pasti bahwa ketika berhubungan dengan orang lain itu selalu ada resiko konflik. konflik ini selesaikanlah, jangan dihindari. Karena kemauan, kerja keras, pemikiran untuk menyelesaikan konflik yang adil bagi setiap orang itu akan membantumu untuk menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar